Ads 468x60px

Rabu, 31 Oktober 2012

sebuah DEDIKASI dan STATUS....


Mungkin kita sering mendengar kata dedikasi dan dharma bakti. Kata-kata tersebut sering dikaitkan oleh para tokoh yang sudah bergelut dibidangnya secara tekun. Namun seberapa pentingkah Dedikasi tersebut dalam hidup??? Apa makna dedikasi untuk kita???

Dedikasi berasal dari kata Latin dedicatio yang berarti menyatakan atau mengumumkan.Dedikasi merupakan kunci menuju sebuah
keberhasilan dan kesuksesan. Hal tersebut didapat dari keterlibatan patience (kesabaran), persistence (keuletan), dan hard work (kerja keras). Simple case, jika seseorang ini mendedikasikan hidupnya pada pendidikan di daerah pedalaman tapi ia tidak memiliki kesabaran, tidak rajin dan ulet dalam menekuni bidangnya, serta berserah pada apa yang sudah ada tanpa ingin melakukan sebuah inovasi maka nilai dedikasi tersebut tidak akan muncul.

Sejarah Indonesia dan Dunia sudah mencatat banyak tokoh yang dinilai memiliki dedikasi tinggi. Contohnya Albert Einstein, jika beliau menyerah untuk terus bereksperimen dan terus gigih menghadapi rintangan maka sampai detik ini mungkin Teori Relativitas tidak akan dikenal oleh manusia. Ir. Soekarno dan Moh. Hatta, jika kedua beliau ini mudah saja menyerah kepada penjajah mungkin Indonesia tidak akan merasakan kemerdekaan sampai tahun ini yang sudah berumur 66 tahun. Dari contoh diatas, dapat disimpulkan bahwa orang-orang yang berdedikasilah yang dapat menorehkan tinta emas dalam kehidupan pribadi dan lingkungannya.

Dedikasi juga dapat dinilai sebagai suatu tindakan setia kepada apa yang diyakini dan telah dilakukannya biasanya berupa sebuah bidang kegiatan. Memang sulit mengaplikasikan dedikasi pada kehidupan saat ini hal ini karena begitu rumitnya kehidupan yang kita jalani sekarang. Tidak mungkin kita cuma menjalani satu kegiatan saja dan mengabaikan kegiatan lainnya, perlu diingat kita adalah makhluk sosial yang juga butuh sosialisasi.

Namun perlu diingat bahwa didunia ini nothing is imposible, tidak ada yang tidak mungkin. Yang membedakan cuma seberapa keras kita berusaha untuk mewujudkan sesuatu dan seberapa besar dan ikhlas pengorbanan kita untuk mencapai hal tersebut.

Dedikasi sangatlah penting bagi kehidupan kita, saat ini sudah jarang sekali ditemui tokoh atau figur yang memiliki dedikasi tinggi. Manusia sekarang cenderung menggunakan prinsip berkorban sedikit tapi mencapai hal yang besar. Mungkin prinsip ini benar menurut sebagian orang, namun menjadi salah jika berkorban sedikit ini dimanifestasikan dengan melakukan hal-hal yang menyimpang seperti menyuap, main belakang, dsb. Karena itulah dedikasi menjadi nilai yang sudah hampir punah termakan zaman.

Padahal dedikasi tersebut bisa membuat hidup ini terasa nyaman dan indah karena dedikasi mengajarkan kepada kita nilai-nilai kesabaran, keuletan, dan kerja keras. Nilai-nilai yang saat ini sudah hilang karena modernisasi zaman dan kebutuhan akan hal yang instan dan cepat.

Yang jelas, dunia butuh orang yang berdedikasi. Mau men-dharma bhakti-kan hidupnya untuk apa yang diyakininya tanpa pamrih dan bersedia untuk melakukan pengorbanan.

0 Masukan:

Posting Komentar