Ads 468x60px

Jumat, 09 November 2012

what is FRIENSHIP....


Sahabat tentu saja ada yang sejati dan ada juga sahabat yang tidak sejati. Sahabat sejati tentu saja adalah sahabat yang tetap bersahabat kendati dalam berbagai kondisi dan situasi. Alhamdulillah dalam perjalanan hidup aku, banyak mempunyai sahabat sejati walaupun tidak sedikit juga yang tidak sejati. Kembali kepada niat persahabatan masing-masing. Ada yang punya maksud dan niat tertentu.
Dan ada pula yang hanya mengejar pamrih. Biasanya yang ini tidak langgeng.
Sahabat sejati aku yang walaupun cukup lama kami berpisah namun tetap terjaga hingga dari masa ke masa cukup banyak. Untuk sekedar beberapa contoh, ketika aku sedang dalam keadaan labil dan down, bahkan sempat tidak ingin berjuang melanjutkan sebuah perjuangan yang suci ini, sahabat-sahabat sejati itu turut memberikan saran dan masukan untuk mengembalikan semangat yang hilang, selain keluarga tentunya. Tapi begitulah kenyataannya. Dan memang seperti itu sejatinya hubungan sebuah persahabatan.
Begitulah, sebuah persahabatan abadi yang tanpa pamrih dilakukan maka hasilnya pun akan sama didapatkan. Memang selama ini aku menjadikan motto hidup aku bagaikan ungkapan Sheikh Hasan Al-Banna yang berbunyi, “Kuunuu Ma’annasi kassyajar, yarmunahu bilhajar, fayarmiihim bitsamar”. Bermuamalahlah kalian dengan orang lain bagaikan pohon buah. Kendati dilempari dengan batu, namun dibalasnya dengan buah”. Dan motto yang lain, “Irhamu man fil ardhi yarmamkun man fissamaa’”. Kasihanilah yang di bumi ini (manusia, hewan dan alam), maka pasti yang di langit (Allah dan para Malaikat) akan mengisihimu’. Dan itu pasti.

0 Masukan:

Posting Komentar